Manaslu Tsum Valley Trek - Pengalaman Trekking Sulit di Nepal






Lembah Manaslu Tsum yang menakjubkan terletak di wilayah pegunungan Manaslu bagian utara distrik Gorkha. Lembah Tsum ditumpuk dengan indah di latar belakang pegunungan Ganesh Himal, Himal Chuli dan Buddha Himal yang menakjubkan. Lembah Manaslu Tsum memegang arti penting dari seni, budaya dan agama Buddha Tibet. Manaslu Tsum Valley Trek adalah salah satu perjalanan besar di Nepal yang membawa Anda berkeliling alam Himalaya dan ke daerah di mana perkembangan ini melampaui abad-abad sebelumnya.

Ini juga merupakan tempat di mana sistem poliandri masih ada. Semua saudara keluarga seharusnya menikahi seorang gadis. Selain sistem unik ini, orang-orang dari Lembah Tsum memiliki budaya, tradisi dan bahasa mereka sendiri yang benar-benar unik dari dunia luar. Budaya dan sejarah Lembah Tsum sangat mirip dengan Tibet. Karena alam dan budaya kawasan Manaslu sangat rapuh, Trekking Manaslu Tsum Trekking adalah padang gurun dan trekking area terbatas di Nepal.
Fakta Perjalanan dari Trekking Manaslu Tsum Valley
Trip Nama: Haruskah Manaslu Lembah Trek
Perjalanan Hari: 24 Hari
Tujuan: Haruskah Lembah
Negara: Nepal
Max ketinggian: 5,160m (Larkya La Lulus)
Kesulitan: Sedang
Kegiatan: Trekking &  Tamasya
Akomodasi: Hotel dan Teahouse
Transportasi: Kendaraan Pribadi / Van / Bus semua Transportasi Darat
Best Seasons: Februari sampai Mei / September sampai Dec
Highlights dari Manaslu Tsum Valley Trek di Nepal
Tinggal semalam di homestay lokal di Bihi yang terletak sekitar 20 menit dari jalur trekking utama.
Tinggal semalam di Ranchen Gompa dan mengunjungi seluruh area dan berinteraksi dengan lokal dan membantu mereka untuk belajar bahasa Inggris.
Tinggal di Mu Gompa khas di kamar Lama dan mendaki ke sudut pandang tertinggi
Menjelajahi desa Samdo kuno yang terletak di latar Himalaya. Orang yang tinggal di sini sangat ramah dan jujur.
Melintasi Larkye La Pass, titik tertinggi dalam perjalanan. Ini adalah sorotan terbaik Manaslu Tsum Valley Trek. Penyeberangan menyajikan pemandangan yang menakjubkan dari gletser, batu, puncak dan danau.

Manaslu Tsum Valley Trek adalah alternatif yang hebat untuk Annapurna Circuit Trek klasik. Jejak ke Lembah Manaslu Tsum kurang ramai dan maksimal mengikuti jalan setapak yang dipukuli

Menjelajahi Danau pirus dengan gletser yang diberi makan oleh Mt. Manaslu, hanya beberapa menit berjalan kaki dari biara di Samo

Manaslu Tsum Valley Trek mencapai daratan. Anda tidak perlu melakukan penerbangan domestik

Bagian pertama jalan setapak mengikuti ngarai Buri Gandaki, ngarai sungai yang panjang dan dalam dengan banyak jembatan gantung



Ada perubahan dramatis pada ketinggian dari hutan subtropis pada ketinggian rendah ke pegunungan tinggi, dingin dan menantang melintasi Larkya La di atas 5.000 m / 17.000 kaki
Manaslu Lembah Trek Izin Diperlukan
Karena, Trekking Manaslu Tsum Trekking dibatasi area trekking, trekker perlu mendapatkan izin untuk memasuki kawasan ini.

Pelancong harus menemani agen trekking yang terdaftar di Nepal untuk mengikuti perjalanan
RAP $ 70 untuk minggu pertama dan $ 10 untuk setiap minggu tambahan. Jika musim non-wisata, biaya izin turun menjadi $ 50 dan $ 7 setelahnya. Pos pemeriksaan ada di Jagat dan pos pemeriksaan ada di Dharapani.
Pelancong harus setidaknya berada dalam kelompok 2 orang dan harus menemani pemandu atau portir terdaftar
MCAP &  ACAP mengizinkan - RS masing-masing 2.000. MCAP adalah untuk Proyek Kawasan Konservasi Manaslu dan ACAP adalah untuk Proyek Kawasan Konservasi Annapurna
Kartu TIMS tidak diperlukan untuk trekking area terlarang di Nepal. Jika Anda bepergian di tempat yang tidak dibatasi, Anda harus mendapatkan TIMS.
Musim Terbaik untuk Trek Tsum Trek di Nepal
September, Oktober &  November di musim gugur dan Maret, April, Mei di musim semi adalah bulan terbaik tahun ini untuk mengunjungi Lembah Manaslu Tsum. Batasannya berada pada musim hujan (Juni sampai September) dan salju musim dingin dan penutupan pondok (Larkya Phedi, Bimtang) dari bulan Desember sampai akhir Februari.
Apa yang Harus Dikemas untuk Trek
Buku panduan
Peta Rute Manaslu
Kantung tidur
Jaket Bawah
Kacamata Matahari (dilindungi UV)
Kepala obor
Tabir surya
Trekking Poles
Pembersih tangan
Kit Medis dengan pertolongan pertama dan Diamox
Wide Brimmed Hat
Pembersih tangan
Botol air dan pemurni air
Kamera dengan baterai ekstra
Bank Daya
Sepatu Trekking
Jas hujan
Jaket angin
Baju santai
Loose Paint dan celana panjang
Kondisi Fisik &  Persyaratan Pengalaman untuk Trekking Manaslu Tsum Valley
Trekker harus berjalan kaki setidaknya selama 6-8 jam setiap hari di Trekking Manaslu Tsum Valley. Anda membutuhkan kekuatan dan tekad fisik yang baik untuk menyelesaikan perjalanan dengan sukses. Masalah utamanya adalah penyakit ketinggian (AMS). Anda perlu menyesuaikan diri dengan benar dan melakukan perjalanan dengan kecepatan rendah agar menjauh dari penyakit ketinggian. Keterampilan mendaki dan pengalaman trekking yang tidak diinginkan tidak diperlukan.




Pelatihan untuk Trekking
Jogging minimal 3 minggu membawa ransel seberat 14kg
Kardio kaki, berlari, berenang dan latihan fisik lainnya minimal 1 bulan sebelum perjalanan
Lembah Manaslu Tsum Trek setelah Gempa
Uji coba Trekking Manaslu Tsum dirusak oleh gempa yang diikuti oleh tanah longsor di bagian hilir Lembah Manaslu. Masih bagian atas aman dan hanya ada sedikit kehancuran. Jembatan ayunan dan kedai teh beroperasi dengan aman akhir-akhir ini.
Wilayah Manaslu telah mengalami kerusakan akibat gempa dan tanah longsor dan jalur dan pondok telah diperbaiki dan banyak trekker telah berhasil menyelesaikan perjalanan pada tahun 2016.

Komentar